Kegiatan P2KK di Universitas Muhammadiyah Malang

Rabu, 17 Juli 2013
Pembentukan Kepribadian & Kepemimpinan ( P2KK ) Gelombang 1
Universitas Muhammadiyah Malang

Veryal Mahfoed
Ilmu Komunikasi
Al-Kindi     



Pembentukan Kepribadian & Kepemimpinan atau sering disebut dengan P2KK. Kegiatan P2KK ini dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut dengan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan sehari-hari maupun masa depan. Kegiatan P2KK ini memiliki beberapa gelombang, dan saya mendapatkan gelombang 1 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei – 1 Juni 2013.
Pada tanggal 26 Mei 2013 tepat pukul 19.00 WIB saya sudah memulai cek in di Rusunawa bersama teman saya, karena saya takut ketika hari senin tanggal 27 Mei saya terlambat untuk cek in jadi saya mencoba untuk lebih dahulu datang pada malam hari itu dan saya kebagian kamar nomor B3.13 dilantai 3, karena saya cek in pertama dikamar B3.13 jadi saya terpilih untuk menjadi ketua kamar atau sebagai penanggung jawab kamar. Setelah saya cek in bersama teman saya, saya mulai memasuki kamar B3.13, setelah itu kami bersih-bersih kamar sambil membereskan barang-barang bawaan.
Selesai membersihkan kamar dan membereskan barang-barang bawaan, saya segera melaksanakan shalat Isya karena dari rumah saya tidak sempat untuk shalat Isya. Setelah shalat Isya saya dan teman saya berbincang-bincang sebentar untuk mengundang ngantuk, setelah itu kami mencoba untuk tidur dan saya tidak lupa untuk menyalakan alarm handphone untuk membangunkan ketika shalat subuh karena waktu itu handphone belum waktunya untuk dikumpul.
Tanggal 27 Mei 2013 pun tiba, saya dan teman saya bangun untuk melaksanakan shalat Subuh, setelah shalat subuh kami bergantian untuk mandi karena ketersediaan kamar mandi yang cuman ada 1. Setelah mandi saya pun bersegera menggunakan pakaian yang sudah ditentukan yaitu baju kemeja putih, bawahan gelap dan almamater. Tidak lama orang-orang sudah mulai berdatangan untuk cek in dan secara bergantian orang-orang mulai berdatangan kekamar B3.13 untuk tidur dikamar itu. 6 orang termasuk saya ini memulai perkenalan kami disebuah tempat tidur dikamar B3.13 itu dan mereka adalah Desy, Ima, Dinda, Tuti, Anis dan saya, mereka juga berasal dari berbagai daerah mulai dari Lombok, bali, malang dan banjarbaru. Pukul 08.00 WIB tiba, semua peserta P2KK diarahkan untuk mengikuti upacara pembukaan diaula Rusunawa, acara berlangsung secara hikmat dan selama sekitar 1 jam 30 menit dan yang dihadiri oleh Rektor untuk membuka upacara dan para pendamping untuk mendampingi kegiatan-kegiatan dikelas.
Upacara pembukaan P2KK telah usai dan kami untuk segera memasuki kelas yang telah dibagikan oleh panitia P2KK dan saya masuk dikelas yang bernama Al-Kindi. Sesampai dikelas saya langsung duduk sambil menunggu peserta yang lain berdatangan, sambil duduk saya berkenalan dengan peserta P2KK yang lain yang berada di sebelah kanan dan kiri saya. Tidak lama pengajar dan pendamping pun datang untuk melaksanakan proses kegiatan pembelajaran dan kami semua termasuk para pendamping memulai perkenalan, dari situlah kami mengetahui nama, asal dan jurusan mereka, agar kami cepat untuk mengingat nama-nama mereka, pengajar pun membagikan kertas buram yang dibagi 4 untuk menuliskan nama panggilan kita dan menempelkan kertas itu kedepan meja kami agar terlihat oleh semua teman-teman yang ada dikelas itu. Selesai menempelkan nama panggilan masing-masing, kami semua ditugaskan untuk berdiskusi dan terbagi menjadi 5 kelompok yang membahas masalah tugas-tugas menjadi Imam, Muazin oleh laki-laki dan penceramah oleh perempuan yang telah ditentukan harinya.
Shalat Zuhur pun tiba, dan akhirnya kami melaksanakan shalat nya secara berjamaah dan yang bertugas sesegera mungkin menempati tempat yang telah disediakan. Shalat telah selesai waktunya kami untuk makan siang dikantin bersama-sama teman kelas Al-Kindi.
Seusai makan kami semua melajutkan materi pembelajaran, karena muka kami mulai rusuh karena sudah mulai ngantuk dan kami diajak untuk.......GAMES. Sangat menyenangkan sekali dan rasa ngantuk pun sedikit demi sedikit lenyap. Tidak terasa waktu Shalat Ashar pun tiba kami semua segera mengambil air wudhu, setelah itu yang jadwalnya bertugas segera menempatkan dirinya. Setelah selesai Shalat Ashar, kembali materi lagi, karena hari pertama dan belum terlalu kenal satu sama yang lain makanya ngejalani kegiatan-kegiatan itu terasa sangat berat dan membosankan sekali.
Waktu menunjukan pukul 16.30 WIB dan itu waktunya untuk istirahat kekamar untuk mandi dan itu adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semuanya.
pukul 17.30 WIB pun tiba kami semua menuju kelas masing-masing untuk melaksanakan shalat magrib berjamaah. Setelah shalat magrib kami makan malam bersama teman-teman P2KK lainnya dan kami semua saling berkenalan. Seusai makan malam kami berbincang-bincang sebentar, setelah itu kami melanjutkan materi pembelajaran. Setelah itu waktu Shalat Isya pun tiba kami semua segera mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat Isya berjamaah. Setelah shalat isya kami melanjutkan materi lagi dan itu adalah jam-jam ngantuk yaitu jam 19.30 WIB.
Tapi pemikiran saya itu salah, ternyata jam-jam segitu tidak membuat kami ngantuk dan bosan, malahan bikin kita makin semangat dan menyenangkan. Tetapi, lama kelamaan ngantuk dan bosan juga sih, kami semua bingung harus berbuat apa lagi untuk menghilangkan ngantuk kami, dan akhirnya…….ada GAMES lagi dan semua bersorak gembira “assiiikk….hahaha”. Karena keasyikan games tidak terasa waktu tidur malam pun tiba dan kami bersegera merapikan buku-buku dimeja dan pendamping pun berkata, “nanti jam 02.30 WIB kami akan bangunkan kalian untuk shalat malam berjamaah, pakaian bebas” dan setelah itu kami segera memasuki kamar masing-masing dengan perasaan campur aduk.
Pukul 02.30 WIB pun tiba, kami dibangunkan oleh panitia dengan cara diketok pintu, dan saya melihat teman-teman saya, ternyata mereka sama seperti saya yang masih ngantuk dan kelihatan sekali kurang tidurnya. Tetapi kami semua tidak ada yang mengeluh, karena kegiatan ini sangat berguna dan bermanfaat sekali. Kami akhirnya segera berganti baju dan pergi kekelas masing-masing dan langsung melaksanakan shalat malam berjamaah.

Tidak terasa hari ke-5 pun tiba, karena kami sudah pada akrab dengan satu sama yang lainnya jadi kami menjalani hari-hari itu dengan semangat dan dengan perasaan yang ceria. Hari ke-5 itu adalah hari Jumat tanggal 31 Mei 2013  itu adalah bertepatan dengan hari lahir saya yang ke-18. Sangat menyenangkan sekali bisa ulangtahun bertepatan dengan kegiatan P2KK ini. Meskipun jauh dari orang tua, tetapi saya masih mempunyai teman-teman yang peduli sama saya disaat kita jauh dari orang tua seperti itu. Dan yang pertama mengucapkan selamat ulangtahun adalah teman-teman kamar B3.13, saya sangat terharu sekali karena mereka mengucapkannya sambil membangunkan saya ketika mau melaksanakan shalat malam. Saya pun tidak mengira juga, ternyata teman-teman Al-Kindi pun mengucapkan selamat ulangtahun juga kepada saya, saya pun semakin terharu saja. Dipagi harinya ketika saya dikantin untuk sarapan pagi sebagian orang pun mengucapkan selamat ulangtahun juga kepada saya, dan saya sangat sangat sangat berterimakasih sekali kepada mereka, karena mereka sangat peduli sekali kepada saya. Dan ketika saya masuk kelas dan pembelajaran pun tiba, pengajar dan pendamping pun ikut mengucapkan selamat ulangtahun, karena teman-teman Al-Kindi yang memberitahukan kepada pengajar dan pendamping kalau saya ulangtahun.
Hari terakhir pun tiba tepatnya hari Sabtu tanggal 01 Juni 2013. Dihari terakhir ini ada bermacam-macam kegiatan, ada lomba yel-yel, dan outbon, dan kami sudah latihan yel-yel selama kurang lebih 4 harian, tetapi selama kami latihan tidak ada yang serius dan masih ada yang main-main, kami takut kalau misalkan kami kalah, malah bikin para pendamping kecewa. Ternyata benar, kami kalah dan kami mencoba meminta maaf kepada para pendamping karena kekalahan kami dan membuat para pendamping kecewa dan mereka berkata tidak apa, yang penting kita kompak, padahal dari wajah mereka-mereka para pendamping terlihat saja raut kekecewaan mereka itu, tetapi mungkin mereka sulit menyembunyikannya.
Setelah acara selesai dikelas kami dibagikan sertifikat kelulusan karena telah mengikuti kegiatan P2KK ini dan kami foto-foto bersama teman-teman dan  pendamping secara bergantian dengan membawa sertifikat itu. Setelah kami foto-foto kami semua pulang kerumah masing-masing dengan perasaan ada sedihnya, senangnya pokoknya campur aduk deh.



1 komentar:

Helmy mengatakan...

Assallamualaikum gelombang k 2 kapan p2kknya di laksanakan kak. 10 hari sblm tes kah ?

Posting Komentar