KONSEP-KONSEP ILMU POLITIK

Kamis, 17 Oktober 2013
NAMA                            : Veryal Mahfoed
NIM                               : 201310040311038
JURUSAN / KELAS       : Ilmu Komunikasi / A




                                        KONSEP-KONSEP ILMU POLITIK
Sejak awal hingga perkembangan terakhir terdapat sekurang-kurangnya lima pandangan mengenai politik. Pertama, politik ialah usaha-usaha yang ditempuh oleh warga negara untuk membicarakan dan mewujudkan kebaikan bersama. Kedua, politik ialah segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan pemerintahan. Ketiga, politik sebagai segala kegiatan yang diarahkan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat. Keempat, politik sebagai kegiatan yang berkaitan dengan perumusan dan pelaksanaan kebijakan umum. Kelima, politik sebagai konflik dalam rangka mencari dan atau mempertahankan sumber-sumber yang dianggap penting.

Konsep-konsep  politik sebagai perjuangan mencari dan mempertahankan kekuasaan juga memiliki sejumlah kelemahan. Pertama,konseptualisasi tersebut tidak membedakan kekuasaan yang beraspek politik dari kekuasaan yang tidak beraspek politik. Kedua, kekuasaan hanya salah satu konsep dalam ilmu politik. Jadi, politik sebagai kegiatan mencari dan mempertahankan kekuasaan merupakan konseptualisasi yang terlalu luas dan kurang tajam. Walaupun demikian harus dicatat konsep kekuasaan politik merupakan salah satu konsep yang tak terpisahkan dari ilmu politik

Berpolitik ialah membicarakan dan merumuskan tujuan-tujuan yang hendak dicapai dan ikut serta dalam upaya mengejar tujuan bersama. Aspek filosofis ini yang merupakan kelebihan, dan karena itu menjadi ciri khas pandangan politik. Dalam hal ini, aspek filosofis lebih ditekankan dari pada aspek politik. Oleh karena itu, metode kajian yang digunakan bukan emppirisme, melainkan metode spekulatif-normatif.

Akan tetapi, saat ini para sarjana ilmu politik tidak lagi menggunakan konseptualisasi itu, sebab mereka berpendapat bahwa politik merupakan gejala serba hadir dalam masyarakat apa saja, yang tidak terbatas pada masyarakat negara atau negara modern. Lalu mereka mencari dan merumuskan konsep politik yang sejauh mungkin dapat diterapkan dalam sebanyak mungkin tempat dan waktu.



0 komentar:

Posting Komentar